Blogroll

Budaya dan Adat Istiadat Negara

Minggu, 29 Januari 2012

Haduhh...
beginilah nasib seorang mahasiswa,, haha,, banyak tugas laahh apalaahhh.
dan sekarang saya dapet tugas lagi ni dari sang Dosen, haha
Dan sekarang saya akan membahas tentang yang namanya Komunikasi Antar Budaya
Sebelumnya saya cuman mau ngasih info aja,, emm,,
"KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA"? dari namanya aja kita udah bisa simpulkan ya
yap bener banget,, komunikasi antar budaya adalah budaya yang berbeda beda yang dilakukan oleh orang orang di setiap belahan dunia, ada banyak sekali budaya berkomunikasi di dunia, kita liat aja yuk contohnya..
CEKIDOTT!!


BRUNEI
 
      Penduduk di Brunei kebanyakan adalah orang Malaysia. Negara Brunei kental akan budaya dan agama Malaysia. Saat bertamu ke rumah orang Malaysia yang ada di Brunei, harus melepaskan alas kaki. Saat menunjuk seseorang tidak diperbolehkan menggunakan jari telunjuk tapi harus mengepalkan tangan dan membiarkan ujung ibu jari menghadap orang yang ditunjuk dan posisi ibu jari menempel di jari telunjuk.
       Tangan kiri dianggap tidak bersih, oleh karena itu dalam menerima hadiah atau makan tidak boleh menggunakan tangan kiri. Orang Brunei juga menjalankan puasa seperti pemeluk agama Islam lainnya.Pakaian dan makanan orang Brunei dan Malaysia hampir sama.

FILIPINA
   Orang Filipina terbiasa menyapa dengan bersalaman. Saat orang yang lebih muda bertemu dengan yang lebih tua, biasanya harus mencium punggung tangan orang yang lebih tua sebagai rasa hormat. Wanita muda di Filipina ketika bertemu dengan yang lebih tua harus mencium kedua belah pipinya sebagai rasa hormat.

        Beberapa suku asli di Filipina mempunyai cara salaman yang sangat khas. Ketika selesai salaman mereka akan berbalik dan mundur beberapa langkah. Ini mengartikan memberikan penjelasan bahwa mereka tidak menyimpan pisau di punggung mereka. Mereka menganggap ini sebagai cara salaman yang paling benar dan tulus.
Orang Filipina kebanyakkan memeluk agama Katolik Roma dan sebagian kecil memeluk agama islam.
       Orang Filipina sangat tabu angka 13 karena dianggap sebagai “dewa jahat” yang melambangkan malapetaka dan bencana. Mereka juga tabu menerima dan memberikan sesuatu dengan tangan kiri karena dianggap sebagai tangan yang kotor.
       Filipina dulunya adalah daerah kolonial Spanyol. Budaya di Filipina kebanyakkan mendapat pengaruh dari Spanyol. Di Filipina tidak boleh minum arak dan toko-toko juga dilarang untuk menjual arak.

VIETNAM
      Orang Vietnam sangat suka minum alcohol dan merokok. Arak “555” keluaran Inggria adalah yang paling diminati di sana. Orang Vietnam saat melayani tamu biasanya menghidangkan kopi, the dan buah. Wanita kebanyakkan memakai celana panjang. Marga orang Vietnam biasanya di taruh di kata terakhir dari namanya.
      Saat memberikan uang tips biasanya sekitar 5.000 mata uang Vietnam. Jika bertepatan dengan waktu makan siang, biasanya juga harus memberikan uang tips ke supir untuk makan siang sekitar 10.000 mata uang Vietnam.
     Anak-anak Vietnam tidak boleh menyebut nama kakek nenek dan orang tua mereka. Setiap awal tahun atau awal bulan, orang Vietnam juga tabu memakai kata-kata yang mengandung konotasi negative karena dianggap membawa sial untuk sepanjang bulan / tahun.
        Orang Vitenam juga tabu untuk membangun rumah di akhir tahun karena dianggap tidak membawa berkah. Selain itu jumlah kamar dalam satu rumah harus berupa angka ganjil.

AUSTRALIA
        Orang Australia punya satu kebiasaan ketat yaitu setiap hari minggu harus ke gereja. Kebanyakkan orang Eropa di minggu pagi pergi main golf sambil bicara bisnis. Namun jika anda lakukan hal ini di Australia tidak akan berguna karena mereka tak mau diajak berpergian hari minggu.
     Kegiatan negosiasi bisnis di Australia biasanya berlangsung di bar kecil. Karyawan yang kerja di Australia begitu jam kerja selesai, semuanya akan segera meninggalkan kantor. Untuk karyawan yang selevel manager biasanya sangat antusias dalam bekerja, tidak main-main dalam menghadapi orang. Jangan beranggapan sudah kenal maka bisnis dengan mereka pasti menjadi mudah.
       Orang Australia saat bertemu suka berjabat tangan dan menyebut atau memanggil dengan nama masing-masing. Orang Australia sangat suka berbincang dengan orang yang belum dikenal, terutama saat di bar, selalu akan ada orang Australia yang menghampiri kamu dan mengajak bicara.
  
ARGENTINA 
Orang asing terbiasa menilai orang dari pakaian. Jika pakaian tidak rapi maka akan dianggap tidak orang ini tidak benar. Apa lagi jika anda memakai jas pergi bertamu, point penilaian terhadap anda akan drop.
Orang Argentina jika bertemu dengan teman yang sudah lama berpisah, sesama pria akan berpelukan, sesama pria akan bergandeng tangan dan mencium pipi. Jika memberikan hadiah ke orang Argentina, jangan berupa kemeja, dasi, dan barang lain yang sejenis pakaian. Orang Argentina suka anaknya dipuji, dekorasi rumahnya dipuji dan masakan mereka dibilang enak. Berbicara dengan orang Argentina jangan menyentuh masalah agama, politik, sepakbola dan taman yang ada di Negara mereka.
Orang Argentina kebanyakkan bisa bahasa Inggris, namun bahasa Italia dan Jerman juga banyak dipakai di sana. Dalam hal makanan, orang Argentina terbiasa dengan daging sapi, kambing dan babi sebagai utama. Makanan tradisional disana adalah BBQ. Orang Argentina suka mengundang tamu ke rumahnya dan dimeja makan pasti ada hidangan daging sapi tradisional mereka.
Saat bertamu ke rumah orang Argentina, jangan lupa membawakan bunga atau permen untuk tuan rumah wanita. Orang Argentina sangat bangga dengan budaya “Cow Boy”. Harus diperhatikan bahwa jam makan malam orang Argentina adalah jam 9-10 malam. Sebelum makan malam biasa ada acara minum-minum yang biasa dimulai jam 7-8.
Satu adat Argentina yang sangat menarik adalah ketika tahun baru, mereka biasanya mandi 1 kali di sungai dan dinamakan “Mandi Tahun Baru”. Orang Argentina akan menaburkan bunga-bunga di sungai kemudian mereka semua akan lompat ke sungai untuk mandi kembang. Katanya ini untuk membersihkan sial dan menambah rejeki di tahun yang baru.


BRAZIL
Kata “Brazil” berasal dari bahasa Portugal yang artinya “kayu merah”. Orang Brazil kebanyakkan mempunyai sifat terbuka dan enak diajak bergaul. Orang Brazil mempunyai adat yang menarik. Pria di Brazil suka menggambarkan seekor harimau di depan dadanya untuk menyatakan dirinya pemberani, ada juga yang menggambarkan panah di depan dadanya untuk menyatakan dirinya adalah pemanah terbaik.
Di Brazil, warna ungu menyatakan sedih dan warna kuning mengartikan putus harapan. Mereka beranggap orang meninggal ibarat daun kuning yang gugur. Mereka percaya warna ungu akan membawakan kesedihan. Dan warna coklat tua akan membawakan ketidakberuntungan. Jadi mereka sangat benci warna ini.
Orang Brazil sangat terbuka dalam mengungkapkan perasaan. Saat bertemu di jalan mereka saling memeluk. Tidak peduli pria atau wanita, saat bertemu dan berpisah harus bersalaman. Ibu-ibu saat bertemu saling menempelkan pipinya dan mengeluarkan bunyi ciuman.
Orang Brazil tidak terlalu memperhatikan pentingnya waktu. Saat berbicara dengan orang Brazil, jangan mengungkit tentang pekerjaan sebelum mereka mengungkitnya lebih dulu. Saat berbicara tidak boleh dalam jarak telalu jauh. Tidak peduli seberapa panasnya cuaca di sana, saat bertamu memakai warna gelap adalah yang terbaik.
Bioskop di Brazil terbai atas 3 tingkat sesuai umur dan criteria. Saat pergi nonton jangan lupa membawa KTP untuk pemeriksaan. Di Brazil ketika akan masuk ke rumah pribadi orang lain, harus mendapat persetujuan. Jika ditanya sampai 3 kali oelh pemiliknya dan tidak ada jawaban dari orang yang akan berkunjung, maka pemilik rumah boleh mengangkat pistol dan menembak.
Orang Brazil dan kopi adalah sesuatu yang tidak terpisahkan. Mengkonsumsi 10 gelas kopi dalam sehari adalah hal yang sangat wajar.
Brazil terdiri dari kumpulan orang eropa, afrika, Indian, arab dan asia. Namun yang utama adalah orang Portugal. Oleh karena itu budayanya sangat dekat dengan protugal. Makan ikan di Brazil belum umum/menyeluruh. Biasanya orang Brazil memakan ikan hanya di hari jumat atau di hari paskah. Orang Brazil sangat menyukai udang, namun harganya mahal.
Orang Indian yang ada di Brazil mempunyai satu kebiasaan aneh yaitu mandi. Mereka beranggapan mengajak tamunya mandi adalah bentuk pelayanan terbaik buat tamu. Dalam sehari mereka biasanya mandi puluhan kali.

REPUBLIK CEKO


Orang Ceko sangat memperhatikan masalah pakaian. Dalam acara formal biasanya jas atau baju panjang. Saat udara dingin mereka akan memakai topi dan selendang. Wanita Ceko suka memakai rok warna hitam atau merah tua dengan nuansa tradisional.Setelah menikah, pria akan mencopot bulu unggas yang dipakai untuk menghiasai topinya sebagai tanda sudah berkeluarga.
Orang Ceko sangat sopan dalam tutur kata. Menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang muda. Nama orang Ceko kebanyakkan terdiri dari 2 kata. Marga + nama. Terkecuali untuk membedakan dengan yang lain, terkadang mereka menambah satu kata di tengah. Dalam menyapa biasanya hanya memanggil tuan/nyonya.
Orang Ceko selain suka makanan eropa ternyata juga suka masakan China terutama masakan Guang Dong. Dalam acara jamuan biasanya di kartu undangan akan dituliskan “silahkan bawa peralatan makan sendiri”, jadi setiap hadirin akan membawa peralatan makan sendiri-sendiri.
Setiap tahun di Ceko diadakan acara penyambutan bayi baru yang diadakan di January tgl 3. Pada hari ini akan dipilih bayi yang lahir pertama. Dan untuk bayi yang menang akan mendapat hadiah.
Orang Ceko menganggap bunga mawar sebagai bunga kenegaraan dan tabu akan berbentuk segitiga merah.


PORTUGAL


Orang Protugal suka menambahkan sebutan di depan nama untuk menunjukkan rasa menghormati dan menghargai. Terhadap pria biasa memanggil Tuan, ternadap wanita memanggil nyonya atau nona.
Terhadap pemimpin dan pejabat pemerintahan biasanya di depan nama ditambahkan sebutan “Aisailunsia”. Untuk memanggil orang kedua tunggal dengan menambahkan “Fusaaisailunsia”. Untuk orang ketiga tunggal dengan menambahkan “Suaaisailunsia”
Untuk menunjukkan rasa hormat terhadap pemimpin Negara, dalam tulisan tidak boleh menggunakan singkatan. Terhadap pemuka agama memanggil kamu atau anda, tapi harus dengan “Sangdidade” atau “Aiminengxia”
Orang Portugal dalam melakukan Sesutu terkesan lebih lambat. Jadi ketika berurusan dengan orang Portugal kita harus siap. Sebagai tamu di Portugal jangan membicarakan atau menanyakan masalah politik dan pemerintahan. Dalam negosisasi bisnis juga sebisa mungkin tidak memberikan tekanan karena orang Portugal tidak menyukai hal itu.
Ketika melakukan janjian bertemu dengan orang Portugal, telat 15-30 menit adalah sesuatu yang wajar bagi mereka. Orang Portugal terbiasa mengatur tempat pertemuan di kantor kerja merek. Bahasa Nasional adalah bahasa Portugal, namun mereka juga bisa berbahasa Inggris dan Perancis.

SWISS


Pria di Swiss kebanyakan memakai celana di bawah lutut, kemeja dengan lengan lebar ataupun jaket pendek. Wanita biasanya memakai baju wol, rok panjang dan rompi bulu angsa.
Festifal Katolik di Swiss berlaku sampai saat ini. Di hari festifal, masyarakat memakai baju adat, menyanyi, menari dan berdoa. Di Swiss juga memperingati festinal hari anak-anak atau yang oleh penduduk setempat dikenal juga dengan sebutan “Festifal Gila”. Yang hadir dalam festifal ini akan memakai topeng, mengikat kantong berisi kacang polong di pinggang dan saling mengejar dan perang-perangan. Di hari ini pastur setempat juga ikut memakai topeng dan bermain bersama. Setelah selesai pastur akan mengunjungi rumah penduduk dan berdoa untuk kemakmuran peternakan dan kebahagiaan.
Setiap tahunnya di bulan 11, hari senin di minggu ke empat, di kota Bern yang ada di Swiss biasanya merayakan festifal bawang. Festifal ini sampai saat ini sudah mempunyai sejarah 3,5 abad. Di hari ini mereka melakukan transaksi jual beli bawang.
Gembala di daerah pengunungan biasanya merayakan hari gembala. Biasanya diadakan di musim gugur ketika sapi dan kambing terlihat sehat dan gemuk. Di hari ini para gembala membawa sapid an kambing terbaik mereka ke atas gunung untuk dipertunjukkan. Pemenang lomba akan dikalungi bunga merah.

RUSIA


Ketika diundang bertamu, acara tahun baru, perayaan ataupun ulang tahun, bunga adalah hadiah yang tidak boleh kurang di Rusia. Namun bunga yang dihadiahkan tidak boleh ganda karena angka ganda dianggap persiapan untuk kematian. Dan juga jika bunganya dihadiahkan ke wanita yang berumur, harus memilih yang berwarna cerah seperti merah. Sedangkan untuk wanita muda biasanya yang berwarna lebih lembut.
Saat berbelanja di Rusia harus mengantri dengan rapi. Menerobos antrian bagi orang Rusia adalah kurang didikan. Saat naik bus harus memberikan duduk bagi yang tua, jika tidak, orang Rusia akan membuatmu berdiri.
Di restoran (selain restoran cepat saji), harus memberikan pelayannya uang tips. Hal ini dikarenakan sebagian besar penghasilan pelayan restoran adalah dari uang tips. Biasanya uang tips adalah sebesar 10-15% dari harga makanan. Di Rusia, sangat jarang ditemui tawar menawar harga. Terutama di toko-toko milik Negara. Secara umum harga di sana adalah harga mati yang tidak bisa ditawar.
Orang Rusia ketika bertemu dengan temannya biasanya berjabat tangan, berpelukan lalu diikuti cium pipi sebanyak 3 kali mulai dari kanan-kiri-kanan. Jika bertemu dengan orang yang tidak terlalu kenal biasanya hanya berjabat tangan.
Menonton tarian balet atau menonton opera bagi orang Rusia adalah sesuatu yang sangat penting. Saat pergi ke acara seperti ini, harus memakai jas dan tidak boleh telat. Saat acara dimulai, tidak diperbolehkan berbicara, makan atau menjawab telpon.
  
NEW ZEALAND


New Zealand terkenal dengan ramah dalam melayani tamu. Namun mereka hidup dengan sangat mandiri dan selalu berharap orang lain juga akan seperti mereka. Ketika ada masalah yang perlu bantuan mereka dengan tidak segan-segan akan mengulurkan tangan mereka.
Untuk komunikasi di New Zealand lebih baik menggunakan bahasa Inggris. Anda tidka perlu takut ditertawai karena kesalahan bahasa. Orang-orang New Zealand akan dengan ramah mengajarkan anda bahasa Inggris yang baik ketika anda salah bicara.
Orang New Zealand menjunjung tinggi privasi, terutama msalah kehidupan berkeluarga. Bahkan ketika melamar pekerjaan, seorang calon karyawan diperbolehkan tidak memberikan informasi tanggal lahir, jumlah tanggungan, status, kondisi kesehatan dll.
Ketika bertamu biasanya membawakan sedikit hadiah seperti bunga, arak atau coklat. Untuk urusan sampah, orang New Zealand biasanya menangani dengan serius. Sampah yang akan dibuang terlebih dahulu harus dipisahkan berdasarkan jenisnya dan ditaruh pada tempat yang ditentukan. Di pemukiman penduduk kita bisa melihat jalanan dan tanaman yang tertata bersih dan rapi. Setiap penduduk bertanggung jawab atas tanaman yang ada di tepi jalan rumah mereka.
Untuk undangan pernikahan di New Zealand biasanya dikirim oleh pihak wanita dan di atas undangan tertera tanggal balasan. Dalam hal ini penerima undangan harus membalas untuk konfirmasi kedatangan. Biasanya tamu undangan akan menghadiahkan perabotan elektronik.
 
 FINLANDIA


Orang Finlandia ketika bertemu tidak seperti kebanyakan orang Eropa yang berpelukkan. Saat berhubungan dengan orang Finlandia jangan berdiri terlalu dekat. Orang Finlandia sangat suka minum arak, saat acara makan mereka akan bersulang untuk tamu. Orang Finlandia suka mengundang tamunya untuk sauna.
Orang Finlandia biasa berkata : “Jika anda datang ke Finlandia tidak sauna, maka anda sama saja dengan tidak mengunjungi Finlandia”. Sauna dalam kehidupan orang Finlandia adalah sesuatu yang sangat penting. Sama pentingnya dengan udara dan roti.
Di Lapland yang ada di utara Finlandia terkenal sebagai kampung halamannya santa. “Dahulu kala sinterklas yang sudah tua berkeliling dunia membawakan kebahagiaan untuk anak-anak. Suatu hari dia tiba di Lapland dan tertarik oleh keindahan di sana kemudian memutuskan untuk menetap. Sejak saat itu Ear Mountain yang ada di Lapland Finlandia menjadi kampung halaman sinterklas.”
Setiap musim panas tiba, di berbagai tempat di Finlandia selalu penuh dengan berbagai acara yang menghibur dan menarik banyak wisatawan.


KANADA


Di Kanada untuk kebanyakkan hal harus janji terlebih dahulu. Mulai dari urusan formal sampai pribadi harus janji terebih dahulu jika tidak ingin ditolak saat sudah sampai di tempat tujuan.
Orang Kanada suka minum air es. Tidak peduli acara pesta selevel apapun, air es menjadi favorit tamu-tamu. Untuk urusan sampah, orang Kanada biasanya menaruhnya di plastic dan dimasukkan lagi ke plastic sampah hitam. Seminggu sekali mobil sampah akan datang dan mengambil sampah tersebut.
Hidup menetap di Kanada, kamu akan mersakan dompetmu adalah tempat koleksi kartu. Kamu akan mempunyai kartu asuransi kesehatan dari pemerintah, kartu rumah sakit, kartu atm, kartu kredit, kartu perpustakaan, kartu untuk naik pesawat, kartu belanja, kartu telepon, SIM dll. Jika kamu bekerja di perusahaan akan mendapatkan kartu karyawan dan kartu pelajar untuk yang sekolah. Ketika kamu resmi menjadi penduduk Kanada, akan tambah satu lagi kartu penduduk.

Fiuhhh..............
pegel ga tuh bacanya??!! hahaha!
masih banyak lagi komunikasi budaya di negara negara di belahan dunia lainnya
Hanya Saja...
terlalu banyak,, jadi saya hanya mengambil contoh contohnya saja
okeyy semoga bermanfaat!
KEEP SPIRIT! KEEP RIOT!!


 
 
 
 

2 komentar:

Febrianti mengatakan...

thnkx, sangat berguna. ^-^

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum... Maaf ya SOBAT saya mau jujur bahwa awalnya saya hanya mencoba-coba bermain togel karna saya terlilit hutang yang sangat banyak sekitar Rp 235 juta karna hutang saya banyak akhirnya saya mencari jalan pintas meskipun itu dilarang agama islam apa boleh buat nasi sudah jadi bubur dan akhirnya saya menemukan seorang dukun yang bisa membantu saya melalui jalan togel dengan lantaran bantuan MBAH WIRANG kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya karna itu semua berkat bantuan MBAH WIRANG dengan waktu yang singkat saya sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup kita menjadi kaya, buktinya angka pemberian MBAH 4D nya pada tanggal 23/10/2016 yaitu 9512 tembus alhamdulillah saya menang sebanyak Rp.480 juta dan alhamdulillah semua hutang-hutang saya sudah bisa terlunasih juga... Mungkin saudara/saudari diluar sana lagi butuh angka togel 2D|3D|4D silahkan konsultasi atau minta bantuan dengan MBAH WIRANG jangan takut anda bisa hubungi di nomer ( 082346667564 / +6282346667564 )

Tetap Semangat Semua Permasalahan Pasti Ada Jalan KeluarNya...

Posting Komentar